Salah satu transportasi andalan masyarakat Indonesia selain sepeda motor adalah mobil. Kendaraan ini sudah sejak lama telah menjadi primadona bagi konsumen tanah air. Meskipun tingkat kebutuhannya masuk dalam kategori tersier, namun alat transportasi ini menjadi stigma “sukses” bagi sebagian masyarakat. Dengan memilikinya dapat dikatakan tingkat ekonomi dari yang bersangkutan sedang bagus. harga Innova untuk berbagai tipe mobil pun masih dapat dijangkau konsumen tanah air.

Selain untuk “gengsi”, ternyata moda transportasi ini memiliki banyak keunggulan. Dinataranya adalah safety saat perjalanan jauh, mampu menampung 6-8 orang, hingga ramah lingkungan loh gaes. Namun masih banyak konsumen yang tidak mengetahui bagaimana sih cara kerja mobil untuk sampai bergerak melintasi berbagai kontur jalanan? Baiklah, untuk itu kami akan berikan beberapa referensi untuk Anda tentang komponen-komponen sistem yang ada pada mobil. Berikut merupakan beberapa komponen mobil yang harus Anda tahu.

Sistem Bahan Bakar

Salah satu prinsip kerja dari kendaraan pada umumnya adalah melakukan pembakaran dengan mengubah energy kimia menjadi energy kinetik. Sistem bahan bakar pada mesin kendaraan mobil berfungsi untuk memasok bahan bakar dan mencampurnya dengan bahan bakar serta udara. Pencampuran dan komposisi yang tepat dapat membuat bahan bakar dapat terbakar di dalam ruang pembakaran. Sehingga dapat menggerakkan roda melalui energi kinetik yang dihasilkan. Saat ini ada beberapa jenis sistem pembakaran yang telah dikenal, diantaranya sistem bahan bakar injeksi (sistem EFI), sistem karburator, sistem injeksi menggunakan diesel, serta sistem bahan bakar gas cair.

Sistem Suspensi

Sistem mobil selanjutnya yang perlu Anda ketahui dalam permobilan adalah sistem suspensi, Sistem ini mencakup  getaran, atau guncangan yang terjadi pada kendaraan akibat permukaan jalan yang tidak rata. Atau dapat dikatalkan mampu meningkatkan kenyamanan saat berkendara dan pengendalian kendaraan. Sistem suspensi ini hematnya senagai peer pada mobil dan terletak antara kerangka utama dan roda.Sistem suspense sendiri dibagi menjadi dua, yakni sistem suspensi dependen dan sistem suspensi independen. Perbedaan diantaranya keduanya adalah pada dependen suspensinya kaku, sedangkan independen suspensinya bebas. Harga Innova dengan jenis yang berbeda juga mempengaruhi sistem suspensi mobil Anda.

Sistem Starter

Pada saat mobil dinyalakan, salah satu alat pembantu untuk menyalakan mesinnya adalah kunci. Tapi tahukah Anda jika sistem starter pada mobil tidak semudah yang dibayangkan? yup, sistem starter ini memiliki banyak komponen di dalamnya untuk mendukung sistem ini tetap berjalan. Diantaranya baterai, rellay, motor starter, dan kunci kontak. Sistem starter ini berfungsi sebagai penggerak awal putaran mesin kendaraan melalui roda-roda penerus atau fly wheel dan poros engkol. Sistem ini digerakkan melalui energi yang dihasilkan oleh baterai. lalu relay akan menyambungkan ke sistem mesin utama agar mesin pembakar dapat berjalan menghasilkan energi kinetik. 

Sistem Drivetrain

Sistem drivetrain atau yang biasa disebut sistem pemindah daya adalah sebuah mekanisme yang memindahkan tenaga dari mesin ke roda. Sistem ini menurut letak mesinnya dibagi menjadi empat bagian, yakni mesin depan penggerak belakang, mesin depan penggerak depan, mesin belakang penggerak belakang, dan mesin depan penggerak empat roda. Terdapat beberapa komponen penting dalam sistem ini, diantaranya kopling, transmisi, propeller shaft, dan differentials. 

Itu dia beberapa komponen dari sistem mobil yang perlu Anda ketahui. Jika tertatik untuk beli beberapa komponen mobil tersebut, Blibli.com sebagai salah satu toko online terbaik di Indonesia menawarkan harga Innova dengan penawaran yang menarik. Dapatkan diskon dan promo terbaik pada setiap pembelian produk.